1630233992 Nostalgimbot Digimon Battle Card – Game Kartu yang Menjanjikan Tapi

[Nostalgimbot] Digimon Battle Card – Game Kartu yang Menjanjikan Tapi Repetitif

Ketika populer, layaknya Pokemon, Digimon juga membombardir anak-anak dengan berbagai macam produk. Berawal dari tamagotchi, Digimon kemudian merambah ke game, merchandise, dan bahkan trading card game. Tapi mereka tidak hanya berkutat dengan kartu fisik saja, dan game yang mereka rilis tidak hanya berupa RPG saja. Digimon juga sempat punya game kartu yaitu Digimon Battle Card.

BACA JUGA: [Nostalgimbot] Sebuah Area Menjengkelkan di Digimon World 3 Bernama Mobius Desert

Jika kamu adalah penggemar game Digimon di era Playstation One, kamu harusnya pernah mendengar atau bahkan mencoba game ini. Saya pun pernah memainkannya beberapa kali dan jika diingat kembali, meskipun punya premis dan mekanisme gameplay yang menarik, apa yang ditawarkan game ini sebenarnya bisa jadi membosankan dengan cepat.

Pertarungan Digimon Tapi dalam Bentuk Kartu

nostalgimbot-digimon-card-battle-gameplay

Digimon Battle Card berangkat dari sukses game dan anime-nya. Ketika pertama kali rilis, melihat karakter dan Digimon yang muncul di anime Digimon serta game Digimon World cukup untuk membuatmu tertarik mencoba dan akhirnya bermain game ini. Begitu masuk ke dalam game dan melewati tutorial, game ini menjanjikan pengalaman yang unik.

Ketika berduel, kamu dan NPC lawan harus memainkan kartu Digimon. Lalu dalam satu giliran Digimonmu dan Digimon lawan akan menggunakan satu dari tiga pilihan serangan. Digimon yang kalah akan keluar dari permainan dan lawannya akan mendapatkan poin. Pemain yang mendapatkan tiga poin atau mengalahkan tiga Digimon lawan akan keluar sebagai pemenang.

Selama permainan berlangsung, Digimonmu juga bisa berevolusi dan/atau menjadi lebih entah sementara maupun permanen. Ini membuat bermain Digimon Battle Card terasa seru karena kamu tetap bisa melihat Digimon saling serang dengan jurus-jurus andalan mereka.

See also  Kunci Jawaban TTS Santai Karimunjawa dari Level 1 – 50

Siklus yang Sama dan Tanpa Tantangan

nostalgimbot-digimon-card-battle-peta

Saya sempat memainkan kembali game ini beberapa waktu lalu. Perasaan yang saya dapatkan ketika mulai bermain dari awal tetap sama. Melihat animasi Digimon saling serang tetap terlihat keren. Sayangnya perasaan tersebut tidak bertahan lama karena banyak faktor.

Pertama, loop atau siklus game ini tidak pernah berubah. Begitu masuk ke kota, kamu harus masuk ke dalam arena untuk berduel dengan NPC lain. Menangkan semua pertandingan yang ada, lalu kamu akan mendapatkan progres cerita dan pindah ke kota berikutnya. Kamu mungkin harus masuk arena di kota yang sama beberapa kali, tapi pada akhirnya siklus yang kamu lalui akan tetap sama.

Siklus cerita yang sama ini mungkin tidak akan bermasalah jika duel yang kamu hadapi dengan NPC cukup menantang. Sayangnya sepanjang permainan kamu hampir tidak pernah mengalami kesulitan berarti jika kamu punya deck yang oke. Apalagi beberapa kartu seperti Partner Digimon dan Armor Digivolution mereka membuat deck kamu semakin kuat dengan sendirinya seiring progres cerita.

Satu-satunya NPC yang memberikanmu tantangan berarti adalah bos terakhir yang menggunakan deck “curang.” Tapi kamu harus menghabiskan puluhan jam untuk sampai ke titik itu, dan selama itu kamu harus terus menghadapi NPC yang terbilang mudah.

Karena secara gameplay game ini cukup membosankan, alternatif untuk membuat game ini seru adalah mengumpulkan semua kartu yang ada. Sayangnya game ini punya lebih dari 1000 kartu, padahal mendapatkan kartu saja memakan waktu dan apa yang kamu dapatkan tetap acak. Saya yakin kamu akan jenuh duluan sebelum bisa mendapatkan paling tidak setengah dari kartu yang ada.


Singkatnya, Digimon Battle Card punya gameplay yang meskipun menarik tapi “tidak berumur panjang.” Dulu kita mungkin tahan berjam-jam bermain game ini karena suka dengan Digimon. Tapi jika dilihat sebagai game kartu, Digimon Battle Card terbilang menjemukan, bahkan jika dibandingkan dengan game kartu lain di zamannya.

See also  Kunci Jawaban TTS Santai Pantai Cemara Sewu Level 1 – 50