1630825108 Melihat Fenomena Review Bomb dalam Video Game

Melihat Fenomena Review Bomb dalam Video Game

Review bomb merupakan salah satu kalimat yang belakangan ini sering kita temui di internet. Konotasi dari kalimat ini memang mengarah kepada hal-hal buruk khususnya soal review. Kenyataannya, review bomb memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi video game dan film. Pasalnya, kebiasaan ini akan mencederai keadilan bagi sebuah karya seseorang dengan cara yang tidak masuk akal dengan alasan yang tidak masuk akal pula.

Nah, sebagai salah satu fenomena yang belakangan ini cukup ramai dan semakin meningkat kasusnya di internet, Gimbot tertarik untuk membahas mengenai review bomb khususnya di video game. Apa pengertian dari review bomb? Bagaimana perkembangannya? Seperti apa skema dari fenomena unik ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai fenomena review bomb di video game.

Pengertian

fenomena review bomb

Review bomb atau bomb ulasan adalah sebuah fenomena internet di mana sekelompok besar orang memberikan ulasan negatif untuk dilihat oleh orang lain secara online. Upaya ini dilakukan untuk merusak penjualan atau popularitas suatu produk yang dianggap orang-orang tidak bisa memuaskan mereka.

Jika developer atau publisher sebuah game tidak memiliki sarana komunikasi terbuka, cara ini bisa dengan cepat membuat mereka sadar serta lebih perhatian terhadap masalah yang dirasakan gamer. Tapi di beberapa situasi, review bomb juga berguna sebagai alat untuk memaksa developer menuruti mereka atau sekadar trolling saja.

Sejauh ini Steam dan Metacritics sering menjadi platform tempat orang-orang melakukan review bombing ini. Meskipun kerap kali disalahgunakan untuk melakukan review buruk, ada kasus langka di mana mayoritas gamer memberikan review bomb yang sifatnya positif.

Hal ini pernah dilakukan banyak gamer ketika memberikan ulasan positif untuk Assassin’s Creed: Unity saat game ini digratiskan atas kasus kebakaran Notre Dame beberapa tahun yang lalu.

Terkadang Tidak Bisa Diabaikan

fenomena review bomb

Beberapa developer banyak menganggap serius mengenai fenomena yang satu ini. Di tahun 2012 silam, salah satu fase awal yang menandai lahir dan meledaknya fenomena ini adalah saat banyak gamer marah dengan Mass Effect 3 yang menghasilkan ending buruk untuk Shepard.

Hal ini membuat gamer marah, mencaci maki developer, serta memberikan review bomb untuk game ini. Masalah ini kemudian disadari oleh BioWare di mana mereka tidak bisa langsung menyelesaikannya. Untuk membuat kemarahan dan tetap menjaga nama baik dari game ini, mereka merilis Extended Cut yang tidak terlalu mengubah akhir cerita namun setidaknya memperbaiki apa yang mereka kecewakan.

BACA JUGA: 5 Rekor Speedrun Video Game Terbaik di Dunia

Jika diurut, beberapa kasus review bomb memang terlampau berat sehingga developer terkadang mau tidak mau tidak bisa mengabaikannya dan memilih untuk memberikan tanggapan soal hal ini.

Perbuatan yang Dilarang Dilakukan

fenomena review bomb

Dari beberapa sumber khusus Reddit menyatakan bahwa review bomb adalah perilaku yang kekanak-kanakan, egois, dan terkadang membuat yang melakukannya terlihat seperti orang bodoh. Apalagi jika tujuannya untuk memaksa keinginan kita agar game sesuai dengan yang kita inginkan.

Walaupun terkadang memang developer kerap mengubah mekanisme atau membuat permainan menjadi tidak enak untuk dimainkan, cobalah disikapi dengan cara yang bijak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan tanpa harus melakukan perilaku tersebut, apalagi jika tujuannya ingin menghancurkan pemasaran suatu game.

Oleh sebab itu Steam menganggap serius masalah tersebut dengan mengaplikasikan berbagai cara supaya review bomb bisa terhindarkan. Jadi, apakah ada dari kalian yang pernah melakukannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *